Efek Samping Dari Merokok

Efek Samping Dari Merokok
Efek Samping Dari Merokok
Merokok memiliki efek samping yang tak terhitung jumlahnya, mulai dari dampak pada kesehatan Anda atau kesehatan orang-orang di sekitar Anda, hingga biaya setiap bungkus dan bahkan kerusakan yang dapat terjadi pada rumah Anda. Saya terpikir bahwa merokok masih begitu meluas. Sementara popularitasnya sedang menurun, masih diperkirakan bahwa 35% pria dan 22% wanita masih merokok di seluruh dunia.

Beberapa fakta merokok yang menakutkan:

Asap tembakau mengandung lebih dari 4000 bahan kimia termasuk lebih dari 40 agen penyebab kanker dan 200 racun yang diketahui.
Nikotin dianggap sebanding dengan kepahlawanan dalam hal kecanduan.


Nikotin dalam rokok yang terbakar dilepaskan dalam bentuk gas yang mudah diserap melalui paru-paru dan masuk ke aliran darah. Nikotin mengubah zat kimia di otak dalam distributor rokok medan ekonomis beberapa detik setelah inhalasi, yang menyebabkan sensasi euforia sementara. Nikotin mirip dengan obat-obatan jalanan lainnya yang seiring berjalannya waktu, dibutuhkan lebih dan lebih banyak untuk merasakan sensasi euforia.
Karbon monoksida yang ditemukan dalam rokok merusak kemampuan sel darah untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh - termasuk organ vital seperti otak dan jantung.
Perokok selalu dalam keadaan kekurangan oksigen karena tingginya jumlah karbon monoksida dalam darah mereka (4 hingga 15 kali lebih banyak daripada bukan perokok).
Rata-rata rokok memiliki konsentrasi lebih dari 600 kali yang dianggap aman di pabrik-pabrik industri, di mana keracunan karbon monoksida adalah bahaya yang konstan.
Eksperimen yang Menyedihkan:
Jika semua fakta tentang bahan kimia yang masuk ke tubuh Anda melalui asap belum meyakinkan Anda tentang bahaya merokok, coba ini:

Langkah 1. Asap rokok yang menyala tanpa benar-benar menghirup asap ke paru-paru Anda. Pegang saja di mulut Anda.
Langkah 2. Ambil sapu tangan putih atau tisu dan pegang sampai ke mulut Anda.
Langkah 3. Hembuskan asap melalui sapu tangan dan Anda akan dapat melihat tar yang disimpan ke paru-paru Anda dengan setiap embusan asap. Bayangkan saja efek kumulatif setelah merokok sebungkus sehari selama bertahun-tahun.

Kekuatan Adiktif

Nikotin secara historis menjadi salah satu kecanduan yang paling sulit untuk dilanggar, tetapi di sini ada enam alasan mengapa berhenti layak untuk diperjuangkan:

Statistik menunjukkan bahwa orang yang merokok menghabiskan 27% lebih banyak waktu di rumah sakit dan hampir 2 kali jumlah waktu di unit perawatan intensif dibandingkan dengan bukan perokok.
Perokok berisiko dua kali meninggal sebelum usia enam puluh lima tahun sebagai bukan perokok.
Risiko kanker paru-paru meningkat secara dramatis - 50% hingga 100% untuk sebagian orang - dengan setiap batang rokok yang dihisap seseorang per hari.
Filter pada ujung rokok mengurangi risiko kanker paru hingga 20%, tetapi masih tidak menghilangkan bahaya yang terlibat.
Setiap batang rokok berharga 5 sampai 25 menit seumur hidup.
Risiko penyakit jantung meningkat 50% dengan setiap bungkus rokok yang dihisap seseorang per hari.

Efek Asap Tangan Kedua
Penelitian yang dilakukan selama dua dekade terakhir menunjukkan bahwa bukan perokok menderita banyak penyakit yang sama dengan perokok aktif ketika mereka menghirup asap rokok orang lain.
Ketika anak-anak terpapar asap rokok, mereka lebih mungkin mengalami peningkatan risiko sakit. Penyakit yang paling umum terkait dengan paparan asap rokok selama masa kanak-kanak adalah asma, pilek, bronkitis, radang paru-paru dan penyakit paru-paru lainnya, infeksi sinus dan infeksi telinga tengah.
Ketika seorang wanita hamil terpapar asap rokok, nikotin yang menyebar ke seluruh aliran darahnya diteruskan ke bayinya yang belum lahir.
Wanita yang merokok atau terpapar asap rokok selama kehamilan memiliki tingkat keguguran dan kelahiran mati yang lebih tinggi, bayi berat lahir rendah, memiliki bayi dengan fungsi paru yang menurun dan memiliki bayi dengan risiko lebih besar untuk sindrom kematian bayi mendadak (SIDS)
Wanita bebas rokok yang hidup dengan perokok memiliki risiko penyakit jantung 91% lebih besar. Mereka juga memiliki risiko dua kali lipat meninggal akibat kanker paru-paru.
Pasangan yang tidak merokok yang terpapar asap rokok memiliki tingkat kematian sekitar 20% lebih tinggi untuk kanker paru-paru dan penyakit jantung.
Bagaimana Merokok Memengaruhi Hewan Peliharaan Anda?
Penelitian telah mengungkapkan korelasi antara perokok pasif dan beberapa jenis kanker pada hewan peliharaan.
Dalam sebuah studi oleh Tufts University dan University of Massachusetts, para peneliti menemukan hubungan langsung antara peluang kucing mengembangkan limfoma dan jumlah perokok yang tinggal di rumah. Seekor kucing yang terpapar asap rokok orang lain berisiko dua kali lipat terkena limfoma. Jika kucing itu hidup dengan perokok selama lima tahun atau lebih, risikonya tiga kali lipat. Jika ada dua perokok di rumah risikonya meningkat empat kali lipat.
Burung-burung dengan paru-paru mungilnya sangat rentan terhadap penyakit paru-paru, kanker, dan bahkan kematian karena tinggal di rumah berasap.

Efek Merokok di Rumah Anda - dan Akhirnya Dompet Anda.
Tahukah kamu:

Rumah-rumah yang dimiliki oleh perokok secara historis sulit untuk dijual - karena bau yang tersisa dan kerusakan yang disebabkan oleh merokok di dalam ruangan.
Rumah perokok seringkali membutuhkan 2-3 kali lebih lama untuk menjual, atau membutuhkan puluhan ribu dolar untuk karpet baru, cat dan pembersihan sebelum dijual.
Sebuah rumah yang telah merokok selama bertahun-tahun sering akan dijual dengan harga 5-15% lebih rendah daripada rumah yang bebas asap rokok.
Kiat Meminimalkan Efek Merokok
Dorong teman merokok atau keluarga untuk merokok di luar ruangan. Risiko merokok di dalam ruangan dan tantangan menghilangkan asap secara efektif terlalu besar - jadi mintalah perokok untuk membawanya keluar.
Jika Anda atau anggota keluarga bersikeras merokok di dalam ruangan, atur ruangan tertutup sebagai "ruang merokok". Tutup semua ventilasi kembali di ruangan untuk meminimalkan jumlah asap yang masuk ke saluran kerja dan dipompa ke setiap kamar di rumah. Langkah-langkah lain untuk menahan asap ke ruang merokok termasuk memasang strip cuaca di pintu, memecahkan jendela di ruangan untuk menarik udara keluar dan menjalankan pembersih udara pemakan asap rumah yang mampu menghilangkan asap.
Jangan merokok atau mengizinkan anggota keluarga merokok jika ada anak-anak (terutama bayi dan balita, yang sangat rentan terhadap dampak asap tembakau). Kadang-kadang anggota keluarga yang merokok mungkin berperang karena disuruh mengambil kebiasaan mereka di luar rumah - tetapi merokok di sekitar anak-anak adalah situasi hidup atau mati. Anda tidak akan membiarkan anak Anda bermain-main dengan pistol karena potensi bahaya menembaknya - mengapa Anda akan merasa berbeda tentang asap rokok, yang secara statistik jauh lebih berbahaya?
Jangan biarkan pengasuh anak atau orang lain yang bekerja di rumah Anda merokok di dalam ruangan.
Untuk keluarga dengan perokok berat atau banyak perokok, Anda harus mempertimbangkan pendekatan komprehensif untuk menghilangkan asap. Pemakan asap berkualitas di ruang khusus merokok ditambah dengan penyaringan seluruh rumah yang efektif dan pemurnian udara untuk membantu membersihkan udara dari berbagai polutan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Exploring Tjong A Fie's House, Understanding a Piece of Medan History

Dilakukan saat Liburan di Tenerife